kecilkan semua  

Teks -- 2 Tawarikh 26:6-23 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
26:6 Maka majulah ia berperang melawan orang-orang Filistin dan membongkar tembok Gat, Yabne dan Asdod, lalu mendirikan kota-kota di sekitar Asdod dan di lain-lain wilayah orang Filistin. 26:7 Allah menolongnya terhadap orang Filistin, dan terhadap orang Arab yang tinggal di Gur-Baal, dan terhadap orang Meunim. 26:8 Orang-orang Amon membayar upeti kepada Uzia. Namanya termasyhur sampai ke Mesir, karena kekuatannya yang besar. 26:9 Uzia mendirikan menara di Yerusalem di atas Pintu Gerbang Sudut di atas Pintu Gerbang Lebak dan di atas Penjuru, serta mengokohkannya. 26:10 Ia mendirikan juga menara-menara di padang gurun dan menggali banyak sumur, karena banyak ternaknya, baik di Dataran Rendah maupun di Dataran Tinggi. Juga ia mempunyai petani-petani dan penjaga-penjaga kebun anggur, di gunung-gunung dan di tanah yang subur, karena ia suka pada pertanian. 26:11 Selain itu Uzia mempunyai tentara yang sanggup berperang, yang maju berperang dalam laskar-laskar menurut jumlah anak buah yang dicatat oleh panitera Yeiel dan penata usaha Maaseya, di bawah pimpinan Hananya, salah seorang panglima raja. 26:12 Kepala-kepala puak pahlawan-pahlawan yang gagah perkasa itu seluruhnya berjumlah dua ribu enam ratus orang. 26:13 Di bawah pimpinan mereka terdapat satu balatentara, terdiri dari tiga ratus tujuh ribu lima ratus orang yang gagah perkasa dalam berperang, untuk membantu raja dalam menghadapi musuh. 26:14 Uzia memperlengkapi seluruh tentara itu dengan perisai, tombak, ketopong, baju zirah, busur dan batu umban. 26:15 Ia membuat juga di Yerusalem alat-alat perang, ciptaan seorang ahli, yang dapat menembakkan anak panah dan batu besar, untuk ditempatkan di atas menara-menara dan penjuru-penjuru. Nama raja itu termasyhur sampai ke negeri-negeri yang jauh, karena ia ditolong dengan ajaib sehingga menjadi kuat. 26:16 Setelah ia menjadi kuat, ia menjadi tinggi hati sehingga ia melakukan hal yang merusak. Ia berubah setia kepada TUHAN, Allahnya, dan memasuki bait TUHAN untuk membakar ukupan di atas mezbah pembakaran ukupan. 26:17 Tetapi imam Azarya mengikutinya dari belakang bersama-sama delapan puluh imam TUHAN, orang-orang yang tegas; 26:18 mereka berdiri di depan raja Uzia dan berkata kepadanya: "Hai, Uzia, engkau tidak berhak membakar ukupan kepada TUHAN, hanyalah imam-imam keturunan Harun yang telah dikuduskan yang berhak membakar ukupan! Keluarlah dari tempat kudus ini, karena engkau telah berubah setia! Engkau tidak akan memperoleh kehormatan dari TUHAN Allah karena hal ini." 26:19 Tetapi Uzia, dengan bokor ukupan di tangannya untuk dibakar menjadi marah. Sementara amarahnya meluap terhadap para imam, timbullah penyakit kusta pada dahinya di hadapan para imam di rumah TUHAN, dekat mezbah pembakaran ukupan. 26:20 Imam kepala Azarya dan semua imam lainnya memandang kepadanya, dan sesungguhnya, ia sakit kusta pada dahinya. Cepat-cepat mereka mengusirnya dari sana, dan ia sendiri tergesa-gesa keluar, karena TUHAN telah menimpakan tulah kepadanya. 26:21 Raja Uzia sakit kusta sampai kepada hari matinya, dan sebagai orang yang sakit kusta ia tinggal dalam sebuah rumah pengasingan, karena ia dikucilkan dari rumah TUHAN. Dan Yotam, anaknya, mengepalai istana raja dan menjalankan pemerintahan atas rakyat negeri itu. 26:22 Selebihnya dari riwayat Uzia, dari awal sampai akhir, ditulis oleh nabi Yesaya bin Amos. 26:23 Kemudian Uzia mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di samping nenek moyangnya di ladang dekat pekuburan raja-raja, karena ia berpenyakit kusta, kata orang. Maka Yotam, anaknya, menjadi raja menggantikan dia.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Amon a son of Manasseh; the father of Josiah and an ancestor of Jesus,governor of the Town of Samaria under King Ahab,son and successor of King Manasseh,a man who, with his sons, were servants of Solomon
 · Amos father of the prophet Isaiah
 · Arab the entire region of the Arabian Peninsula, the Sinai Peninsula, the land of Edom, and all the land between the Jordan Valley and the Euphrates River (ZD).,a region of desert plains
 · Asdod a town of the Philistines on the Mediterranian coast straight west of Jerusalem
 · Azarya son of Ahimaaz; grandson and successor of Zadok I,son of Nathan; a priest who was chief of Solomons officers,son and successor of king Amaziah of Judah,son of Ethan son of Zerah of Judah,son of Jehu son of Obed of Judah,son of Johanan; descendant of Meraioth I,son of Hilkiah before the exile; high priest Azariah III,a descendant of Hilkiah the priest,son of Zephaniah/Uriel (Korah Levi); forefather of Samuel,son of Oded; prophet under King Asa,second son of Jehoshaphat; brother of King Jehoram,fifth son of Jehoshaphat; brother of King Jehoram,son of Jeroham; a commander who helped enthrone Joash,son of Obed; a commander who helped enthrone Joash,the priest who confronted Uzziah for offering incense,a chief of Ephraim under Israel's King Pekah,father of Joel (Kohath Levi), who served under Hezekiah,son of Jehallelel (Merari Levi). He served under Hezekiah,chief priest, of Zadok's line, under Hezekiah,son of Maaseiah son of Ananiah; a repairer of Nehemiah's wall,a man who accompanied Zerubbabel back to the land of Judah,a scribe who helped Ezra explain the reading of the Law,a priest who signed the covenant to keep God's law,a prince of Judah who led praises to God on the new city wall,son of Hoshaiah; one of the leaders rebelling against Jeremiah,a man exiled from Judah and trained with Daniel in Babylon
 · bani Amon the tribe/nation of people descended from Ben-Ammi, Lot's son,Territory of the tribe/nation of Ammon
 · bani Meunim a Levite; head of a group of temple servants in Ezra's time,a people who were enemies of Israel
 · Filistea the country of the Philistines which was the coastal plain of southwestern Palestine
 · Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · Gat a town of the Anakim and Philistines in Judah 12 km south. of Ekron
 · Hananya son of Heman the Levite; worship leader under Heman and David,a man who was one of King Uzziah's commanders,son of Azzur; a false prophet of Zedekiah's from Gibeon,father of Zedekiah, a prince of Judah in the time of Jehoiakim,grandfather of Irijah the sentry who falsely accused Jeremiah; the father of Shelemiah,son of Shashak of Benjamin,a man of Judah who served Nebuchadnezzar with Daniel in Babylon,son of Zerubbabel,a layman of the Bebai clan who put away his heathen wife,a man who made perfume and helped rebuild the wall of Jerusalem; son of Shelemiah,governor of the castle and over Jerusalem under Nehemiah,an Israelite chief who signed the covenant to keep God's law,a priest and head of the clan of Jeremiah under Joiakim
 · Harun a son of Amram; brother of Moses,son of Amram (Kohath Levi); patriarch of Israel's priests,the clan or priestly line founded by Aaron
 · Mesir descendants of Mizraim
 · orang Amon member(s) of the tribe/nation of Ammon
 · orang Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · orang Meunim a people who were enemies of Israel
 · orang-orang Amon the tribe/nation of people descended from Ben-Ammi, Lot's son,Territory of the tribe/nation of Ammon
 · orang-orang Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · perempuan Amon the tribe/nation of people descended from Ben-Ammi, Lot's son,Territory of the tribe/nation of Ammon
 · seorang Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · seorang perempuan Amon member(s) of the tribe/nation of Ammon
 · Sudut a part of the wall of Jerusalem
 · tanah Filistin the country of the Philistines which was the coastal plain of southwestern Palestine
 · Uzia a son of Jehoram; the father of Jotham; an ancestor of Jesus.,son and successor of king Amaziah of Judah,son of Uriel of Kohath son of Levi,father of Jonathan, the head of country treasuries under David,a priest of the Harim Clan who put away his heathen wife,son of Zechariah; father of Athaiah of Judah, a returned exile
 · wilayah Filistin the country of the Philistines which was the coastal plain of southwestern Palestine
 · Yabne a town between Joppa and Ashdod on the NW border of Judah (OS)
 · Yehiel a descendant of Shelah of Judah, who returned from exile with his family,one of the Levites of Elizaphan that King Hezekiah assigned to supervise the cleansing of the temple,head of a family group descended from Adonikam who returned from exile
 · Yeiel a descendant of Shelah of Judah, who returned from exile with his family,one of the Levites of Elizaphan that King Hezekiah assigned to supervise the cleansing of the temple,head of a family group descended from Adonikam who returned from exile
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yesaya son of Hananiah, a descendant of King Jehoiachin,son of Jeduthun the Levite and worship leader under Jeduthun and King David,son of Rehabiah; a Levitical chief treasurer whose descendants returned from exile,son of Athaliah; head of a family group descended from Elam who returned from exile,a Levite of Merari who led recruits to Ezra,a man of Benjamin; ancestor of Sallu, who lived in Jerusalem in Nehemiah's time
 · Yeuel a descendant of Shelah of Judah, who returned from exile with his family,one of the Levites of Elizaphan that King Hezekiah assigned to supervise the cleansing of the temple,head of a family group descended from Adonikam who returned from exile


Topik/Tema Kamus: Uzia /Azarya | Raja | Azarya | Dupa | Imam | Mezbah Pembakaran Ukupan | Yotam | Susah, Kesusahan Orang Fasik | Orang Filistin | Sakit, Penyakit Kusta | Senjata Untuk Berperang | Penyakit Kulit yang Mengerikan | Menara | Karmel | Ulah Perang | Pohon Anggur | Pintu Gerbang | Panah (Busur) | Perisai | Tahir Dan Najis | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 2Taw 26:16 - TINGGI HATI SEHINGGA IA MELAKUKAN HAL YANG MERUSAK. Nas : 2Taw 26:16 Uzia tidak menyadari bahwa segala sesuatu yang telah dihasilkannya adalah karena pertolongan Allah (ayat 2Taw 26:5,7) dan orang la...

Nas : 2Taw 26:16

Uzia tidak menyadari bahwa segala sesuatu yang telah dihasilkannya adalah karena pertolongan Allah (ayat 2Taw 26:5,7) dan orang lain (ayat 2Taw 26:8,11-13); akibatnya ialah kesombongan, yang menimbulkan dosa-dosa keangkuhan dan ketidaksetiaan

(lihat cat. --> Fili 2:3).

[atau ref. Fili 2:3]

Jerusalem: 2Taw 26:6-23 - -- Jelaslah si Muwarikh memakai sebuah sumber lain dari 2Ra 15:5-7 yang berceritera tentang pemerintahan raja Uzia. Apa yang dikatakan mengenai benteng-b...

Jelaslah si Muwarikh memakai sebuah sumber lain dari 2Ra 15:5-7 yang berceritera tentang pemerintahan raja Uzia. Apa yang dikatakan mengenai benteng-benteng yang dibangun raja Uzia di padang gurun, 2Ta 26:10, memang sesuai dengan penemuan ilmu purbakala.

Jerusalem: 2Taw 26:7 - Gur-Baal Artinya: Tumpangan Baal. Hanya di sini saja disebutlah nama tempat yang tidak diketahui letaknya itu

Artinya: Tumpangan Baal. Hanya di sini saja disebutlah nama tempat yang tidak diketahui letaknya itu

Jerusalem: 2Taw 26:7 - orang Meunim Bdk 2Ta 20:1+.

Bdk 2Ta 20:1+.

Jerusalem: 2Taw 26:9 - mendirikan menara... Raja Uzia memperbaiki kerusakan-kerusakan yang disebabkan perang yang baru lalu.

Raja Uzia memperbaiki kerusakan-kerusakan yang disebabkan perang yang baru lalu.

Jerusalem: 2Taw 26:10 - banyak ternaknya... Bdk 1Ta 27:25-31.

Jerusalem: 2Taw 26:21 - sakit kusta 2Ra 15:5-7 memang berkata bahwa Uzia sakit kusta, tetapi tidak menjelaskan bahwa penyakit itu sebuah "tulah yang ditimpakan TUHAN kepadanya", 2Ra 15:2...

2Ra 15:5-7 memang berkata bahwa Uzia sakit kusta, tetapi tidak menjelaskan bahwa penyakit itu sebuah "tulah yang ditimpakan TUHAN kepadanya", 2Ra 15:20. Para raja dahulu melakukan beberapa tugas dalam ibadat dan itu dianggap halal dan wajar. Sesudah masa pembuangan barulah orang merasa kecil hati karenanya dan di masa itu hanya imam-imam keturunan Harun boleh mempersembahkan korban ukupan, bdk 2Ta 26:17-18; Bil 17:5. Kakak perempuan Musa, yaitu Miryam, karena mau mengambil hak istimewa Musa juga tertimpa sakit kusta, Bil 12:10. Penyakit itu menjadikan orang najis sehingga tidak boleh masuk bait Allah, Ima 13:45-46.

Jerusalem: 2Taw 26:22 - ditulis oleh nabi Yesaya Jadi ada sebuah tulisan yang dikatakan karangan nabi Yesaya. Tulisan itu tidak tersedia lagi. Nama raja Uzia hanya disebut dalam judul-judul kitab Yes...

Jadi ada sebuah tulisan yang dikatakan karangan nabi Yesaya. Tulisan itu tidak tersedia lagi. Nama raja Uzia hanya disebut dalam judul-judul kitab Yesaya, 2Ta 1:1; 6:1; 7:1.

Jerusalem: 2Taw 26:23 - di ladang dekat pekuburan raja-raja Jadi Uzia tidak dikebumikan di makam para raja.

Jadi Uzia tidak dikebumikan di makam para raja.

Ende: 2Taw 26:16-20 - -- Lihat keterangan 2Ta 24:17, jang laku disini pula.

Lihat keterangan 2Ta 24:17, jang laku disini pula.

Ref. Silang FULL: 2Taw 26:6 - orang-orang Filistin // dan Asdod · orang-orang Filistin: Yes 2:6; 11:14; 14:29; Yer 25:20 · dan Asdod: Am 1:8; 3:9

· orang-orang Filistin: Yes 2:6; 11:14; 14:29; Yer 25:20

· dan Asdod: Am 1:8; 3:9

Ref. Silang FULL: 2Taw 26:7 - orang Arab // orang Meunim · orang Arab: 2Taw 21:16; 2Taw 21:16 · orang Meunim: 2Taw 20:1

· orang Arab: 2Taw 21:16; [Lihat FULL. 2Taw 21:16]

· orang Meunim: 2Taw 20:1

Ref. Silang FULL: 2Taw 26:8 - Orang-orang Amon · Orang-orang Amon: Kej 19:38; Kej 19:38

· Orang-orang Amon: Kej 19:38; [Lihat FULL. Kej 19:38]

Ref. Silang FULL: 2Taw 26:9 - Gerbang Sudut // Gerbang Lebak · Gerbang Sudut: 2Raj 14:13; 2Raj 14:13; 2Taw 25:23; 2Taw 25:23 · Gerbang Lebak: Neh 2:13; 3:13

· Gerbang Sudut: 2Raj 14:13; [Lihat FULL. 2Raj 14:13]; 2Taw 25:23; [Lihat FULL. 2Taw 25:23]

· Gerbang Lebak: Neh 2:13; 3:13

Ref. Silang FULL: 2Taw 26:14 - seluruh tentara · seluruh tentara: Yer 46:4

· seluruh tentara: Yer 46:4

Ref. Silang FULL: 2Taw 26:16 - tinggi hati // yang merusak // berubah setia // membakar ukupan · tinggi hati: 2Raj 14:10; 2Raj 14:10 · yang merusak: Ul 32:15 · berubah setia: 1Taw 5:25; 1Taw 5:25 · membakar ukupan: 2R...

· tinggi hati: 2Raj 14:10; [Lihat FULL. 2Raj 14:10]

· yang merusak: Ul 32:15

· berubah setia: 1Taw 5:25; [Lihat FULL. 1Taw 5:25]

· membakar ukupan: 2Raj 16:12

Ref. Silang FULL: 2Taw 26:17 - imam Azarya · imam Azarya: 1Raj 4:2; 1Raj 4:2

· imam Azarya: 1Raj 4:2; [Lihat FULL. 1Raj 4:2]

Ref. Silang FULL: 2Taw 26:18 - hanyalah imam-imam // keturunan // Harun // membakar ukupan · hanyalah imam-imam: Bil 16:39 · keturunan: Bil 18:1-7 · Harun: Kel 30:7; Kel 30:7 · membakar ukupan: 1Taw 6:49; 1Taw 6:4...

· hanyalah imam-imam: Bil 16:39

· keturunan: Bil 18:1-7

· Harun: Kel 30:7; [Lihat FULL. Kel 30:7]

· membakar ukupan: 1Taw 6:49; [Lihat FULL. 1Taw 6:49]

Ref. Silang FULL: 2Taw 26:19 - penyakit kusta · penyakit kusta: Bil 12:10; Bil 12:10

· penyakit kusta: Bil 12:10; [Lihat FULL. Bil 12:10]

Ref. Silang FULL: 2Taw 26:21 - sebuah rumah · sebuah rumah: Kel 4:6; Kel 4:6; Im 13:46; Im 14:8; Im 14:8; Bil 5:2; Bil 19:12; Bil 19:12

· sebuah rumah: Kel 4:6; [Lihat FULL. Kel 4:6]; Im 13:46; Im 14:8; [Lihat FULL. Im 14:8]; Bil 5:2; Bil 19:12; [Lihat FULL. Bil 19:12]

Ref. Silang FULL: 2Taw 26:22 - nabi Yesaya · nabi Yesaya: 2Raj 15:1; Yes 1:1; 6:1

· nabi Yesaya: 2Raj 15:1; Yes 1:1; 6:1

Ref. Silang FULL: 2Taw 26:23 - Kemudian Uzia // menjadi raja · Kemudian Uzia: Yes 1:1; 6:1 · menjadi raja: 2Raj 14:21; 2Raj 14:21; Am 1:1

· Kemudian Uzia: Yes 1:1; 6:1

· menjadi raja: 2Raj 14:21; [Lihat FULL. 2Raj 14:21]; Am 1:1

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: 2Taw 26:1-15 - Keberhasilan Uzia Pasal ini memberikan catatan tentang pemerintahan Uzia yang di dalam Kitab Raja-raja disebut Azarya, lebih lengkap daripada catatan sebelumnya. Mes...

Matthew Henry: 2Taw 26:16-23 - Dosa dan Hukuman Uzia Dosa dan Hukuman Uzia (26:16-23) Inilah satu-satunya noda yang kita lihat pada nama Raja Uzia, dan adalah bohong jika aib ini tidak ada pada raja-r...

SH: 2Taw 26:1-23 - Berkat berubah menjadi kutuk (Minggu, 30 Juni 2002) Berkat berubah menjadi kutuk Uzia dipilih bangsa Yehuda menggantikan Amazia ayahnya sejak usia enam belas tahun dan memerintah sampai lima puluh dua ...

SH: 2Taw 26:1-23 - Mengapa tidak belajar? (Jumat, 26 November 2010) Mengapa tidak belajar? Hidup penuh dengan berbagai pengalaman dari setiap peristiwa yang kita dengar, kita lihat, maupun yang kita alami sendiri. Mas...

SH: 2Taw 26:1-23 - Bukan Akhir yang Bahagia (Sabtu, 10 Juni 2017) Bukan Akhir yang Bahagia Sebagian besar orang saat menonton sebuh film pasti menginginkan akhir yang bahagia (happy ending). Sebaliknya, kisah yang d...

SH: 2Taw 26:1-23 - Hati-hati ketika Merasa Diri Hebat (Kamis, 21 Desember 2023) Hati-hati ketika Merasa Diri Hebat Uzia mengawali tampuk pemerintahannya pada usia yang masih sangat muda dan meraih kesuksesan yang luar biasa selam...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Penulis : Ezra (?) Tema : Ibadah, Kebangunan Rohani, dan Pembaharuan Sejati Tanggal Penulisan: 450-420 SM Latar Belakang Karen...

Full Life: 2 Tawarikh (Garis Besar) Garis Besar I. Salomo: Sumbangan-Sumbangan Penting Masa Pemerintahannya (2Taw 1:1-9:31) A. Penegakan Kepemimpinan Sal...

Matthew Henry: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Kitab ini diawali dengan pemerintahan Salomo dan pembangunan Bait Suci, kemudian berlanjut dengan sejarah raja-raja Yehuda sejak masa itu sampai ke...

Jerusalem: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) KITAB-KITAB TAWARIKH, EZRA DAN NEHEMIA PENGANTAR Di samping karya sejarah dari tradisi Ulangan yang merangkum kitab Hakim-hakim, Samuel dan Raja-raja,...

Ende: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) KITAB TAWARICH PENDAHULUAN Sebagai pengutji daftar kitab2 sutji tradisi Jahudi di Palestina -- menjimpang dari tradisi Babel dan terdjemahan2 kuno, --...

BIS: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) II TAWARIKH PENGANTAR Buku II Tawarikh merupakan lanjutan buku I Tawarikh. Buku ini mulai dengan kisah pemerintahan Raja Salomo sampai wafatnya. Set

II TAWARIKH

PENGANTAR

Buku II Tawarikh merupakan lanjutan buku I Tawarikh. Buku ini mulai dengan kisah pemerintahan Raja Salomo sampai wafatnya. Setelah mengemukakan kisah pemberontakan suku-suku utara di bawah pimpinan Yerobeam melawan Raja Rehabeam, buku ini hanya mengemukakan sejarah Yehuda, yaitu kerajaan selatan, sampai jatuhnya Yerusalem pada tahun 586 Sebelum Masehi.

Isi

  1.  Pemerintahan Salomo
    2Taw 1:1-9:31
    1. a. Tahun-tahun pertama
      2Taw 1:1-17
    2. b. Pembangunan Rumah TUHAN
      2Taw 2:1-7:10
    3. c. Tahun-tahun kemudian
      2Taw 7:11-9:31
  2.  Pemberontakan suku-suku utara
    2Taw 10:1-19
  3.  Raja-raja Yehuda
    2Taw 11:1-36:12
  4.  Jatuhnya Yerusalem
    2Taw 36:13-23

Intisari: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Pelajaran mengenai Kesetiaan ISI II TAWARIKH II Tawarikh menceritakan kisah umat Allah dengan pemeritahan Raja Salomo. Kitab itu menelusuri berbagai

Pelajaran mengenai Kesetiaan

ISI II TAWARIKH
II Tawarikh menceritakan kisah umat Allah dengan pemeritahan Raja Salomo. Kitab itu menelusuri berbagai kejadian yang menimpa Yehuda selama hampir empat ratus tahun sampai akhirnya negeri itu hancur, rakyatnya dibuang dan ibukotanya dihancurkan (587 SM). Kisah kehancuran ini bukan merupakan kata akhir Tawarikh. Kalimat-kalimat terakhir dari kitab ini menunjuk kepada masa depan yang penuh harapan ketika bangsa ini dipulihkan melalui maklumat raja Kores (2Ta 36:23).

MENGAPA KITAB INI DITULIS
Si penyusun mempunyai tiga alasan untuk menyusun kitab ini:
1. Untuk menafsirkan jalannya sejarah. Ia menerangkan mengapa beberapa raja memerintah dengan damai dan sejahtera sedangkan yang lain memerintah dalam pergolakan. Rahasia keberhasilan itu terletak pada kesetiaan kepada Allah.
2. Untuk mengajar. Si penyusun tidak puas hanya dengan menguraikan masa lalu dalam tulisannya. Ia ingin menghimbau umat Allah untuk belajar dari kesalahan-kesalahan yang terjadi sepanjang sejarah, dan setia kepada-Nya sekarang.
3. Untuk menggugah iman. Banyak orang Yahudi merasa Allah telah meninggalkan mereka. Dengan menjelaskan sebab-sebab dari penderitaan mereka, si penyusun mendorong mereka untuk kembali percaya kepada Allah yang besar dan berkuasa. Untuk komentar terinci mengenai mengapa 2 Tawarikh ditulis bacalah komentar mengenai 1 Tawarikh.

CIRI KHUSUS
1. Si penyusun setia kepada keluarga Daud dan memperlihatkan bagaimana Allah tetap setia memenuhi janji-Nya bahwa takta Daud akan tetap aman (2Ta 21:7) kendati Ia mempunyai alasan untuk tidak melakukannya.
2. Kerajaan Israel Utara dianggap melakukan kesalahan, karena memisahkan diri dari takta Daud (2Ta 13:1-12). Dalam seluruh kitab tindakan bangsa israel dianggap jahat (misalnya 2Ta 21:6,13). Sejarah bangsa Israel diabaikan kecuali kisah yang dapat dipakai sebagai peringatan untuk tidak melakukan kesalahan.
3. Peristiwa dalam sejarah dipakai sedemikian rupa sehingga arti kerohaniannya dapat ditonjolkan. Si penyusun tidak mengada-ada maupun memutarbalikkan sejarah; ia juga bukannya tidak teliti. 1 dan 2 Raja-raja memberikan gambaran sejarah yang lebih lengkap tentang kisah bangsa Israel dan Yehuda, tetapi kedua kitab itu tidak menunjukkan motivasi yang sama untuk menggunakan sejarah guna mengajar masalah rohani.

Pesan

1. Pentingnya perjanjian
Pesan utama II Tawarikh terletak dalam 2Ta 15:2: Tuhan beserta dengan kamu bilamana kamu berserta dengan Dia. Bilamana kamu mencari-Nya. Ia berkenan ditemui olehmu, tetapi bilamana kamu meninggalkannya, kamu akan ditinggalkan-Nya. Hubungan Allah dengan umat-Nya diatur oleh suatu perjanjian, yang didalamnya Allah akan memberkati mereka sepanjang mereka taat kepada-Nya. Kitab ini dengan jelas memberi gambaran mengenai penerapan dari prinsip ini dalam sejarah bangsa Yehuda. Taat pada perjanjian membawa kemakmuran; menyalahi perjanjian membawa kehancuran.

2. Allah perjanjian
o Allah itu besar. 2Ta 2:6; 6:18
o Allah itu baik. 2Ta 5:13
o Allah itu adil. 2Ta 12:6
o Allah itu berkuasa. 2Ta 13:12
o Allah memakmurkan mereka yang percaya kepada-Nya. 2Ta 13:18; 17:5,6; 20:20; 25:7-9; 27:6
o Allah menolong yang lemah. 2Ta 14:11; 20:12, 15-17
o Allah itu panjang sabar. 2Ta 21:7

3. Hukum Allah dalam perjanjian
o Hukum Allah mengemukkan apa yang harus dilakukan oleh manusia untuk dapat menerima kepenuhan berkat Allah. 2Ta 6:16; 33:8
o Mengabaikan hukum Allah akan membawa bencana. 2Ta 12:1,2
o Kebangunan rohani akan menyebarluaskan hukum Allah. 2Ta 17:9
o Hukum Allah menyangkut masalah manusia. 2Ta 19:10
o Hukum Allah menyangkut penyembahan yang benar. 2Ta 23:18; 29:15
o Ketaatan mambawa kemakmuran. 2Ta 31:12
o Oleh karena dosa, manusia sering perlu bertobat dan memperbarui penghayatannya terhadap hukum Allah. 2Ta 14:2-5; 17:6; 24:1-14; 29:1-31:21; 34:1-35:27

4. Manusia perjanjian
o Mereka harus tetap taat sampai pada akhirnya. 2Ta 16:1-14; 24:17-27; 26:16-23
o Mereka harus menyadari bahaya kesombongan. 2Ta 32:24-31
o Mereka harus peka terhadap suara Tuhan. 2Ta 19:2,3; 20:35-37; 35:20-26
o Mereka harus menanggung segala akibat dosa. 2Ta 35:20-25
o Mereka dapat cepat tanggap terhadap berita gembira pengampunan. 2Ta 33:10-20

Penerapan

1. Bagi pemerintahan dunia
o Allah mengatur urusan semua bangsa.
o Allah mengharapkan ketaatan dari semua bangsa.
o Allah memakai nasib setiap bangsa untuk melaksanakan kehendak-Nya.
o Allah lebih kaya dari kekayaan segala bangsa.

2. Bagi orang-orang Kristen yang percaya
o Sebagai pelaku ibadah:
- Ibadah harus berpusat pada kebesaran Allah
- Ibadah memerlukan ketaatan yang sungguh-sungguh
- Ibadah harus dijaga kekudusannya
- Ibadah berarti menaikkan pujian dengan penuh kegembiraan
- Ibadah menyangkut hal memberi dengan suka cita
o Sebagai pekerja:
- Pelayanan atas dasar kemauan
- Pelayanan harus tepat
- Pelayanan harus ditujukan bagi Allah
o Sebagai murid:
- Kita harus sering memperbarui janji kita.
- Kita harus selalu siap menghadapi pencobaan setiap hari.
- Kita harus mendengarkan suara Tuhan dengan hati-hati.
- Kita harus bertekad untuk menjadi murid yang teguh.

Tema-tema Kunci

1. Kebijaksanaan
Pelajarilah permohonan Salomo, dan perhatikan mengapa Allah berkenan atas permohonan itu dan apa yang kemudian terjadi (2Ta 1:7-17). Apakah kita memasukkan kebijaksanaan dalam doa kita?

2. Rumah Tuhan
Tulislah pelajaran apa saja yang dapat dipelajari dari cara Salomo membangun Rumah Tuhan; hal-hal yang dikatakannya kepada Allah dan apa yang dikatakan Allah kepadanya (2Ta 2:1-7:22).

3. Dukungan rohani
Apa yang dapat kita pelajari dari pengalaman beberapa raja (2Ta 22:3; 24:17-19; 26:5) tentang berkat dan bahaya dari persekutuan dengan orang-orang Kristen yang lebih dewasa?

4. Penderitaan
Penderitaan dapat merupakan pembawa pesan dari Tuhan (2Ta 16:12; 32:24,25; 33:10-13); masalah yang penting ialah bagaimana reaksi kita terhadap penderitaan. Dengan cara apa lagi Allah berbicara pada kita dewasa ini?

5. Perubahan
Kitab ini berisi banyak contoh mengenai raja-raja yang berubah menjadi jahat dan seorang raja yang menjadi baik. Siapakah mereka? Bahaya apa yang diperlihatkan oleh mereka yang tidak setia? Apakah Injil kita mengizinkan adanya perubahan drastis (2Ta 33:1-20)?

6. Pujian
Pelajarilah ajaran yang beguna tentang memuji Allah (2Ta 5:11-14; 6:14-42; 20:15-30). Apa yang dapat dipelajari oleh Gereja dewasa ini mengenai dasar dan isi penyembahan kita?

7. Bimbingan
Kesalahan apa yang terdapat pada cara yang dipakai oleh Ahab dalam mencari bimbingan (2Ta 18:1-34)? Sampai dimana kita membuat kesalahan dalam hal ini?

8. Memberi
Pelajaran penting apa yang diajarkan dalam 2 Tawarikh mengenai memberi (2Ta 24:10; 31:2-21)? Carilah pengajaran serupa dalam Perjanjian Baru.

9. Iman
Tulislah segi apa dalam kehidupan Anda yang memerlukan latihan iman Anda, seperti yang dilakukan oleh Yosafat (2Ta 20:20).

Garis Besar Intisari: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) [1] PEMERINTAHAN RAJA SALOMO 2Ta 1:1-9:31 2Ta 1:1-17 Raja Salomo: kebijaksanaan dan kekayaannya 2Ta 2:1-8Persiapan pembuatan Rumah Tuhan

[1] PEMERINTAHAN RAJA SALOMO 2Ta 1:1-9:31

2Ta 1:1-17 Raja Salomo: kebijaksanaan dan kekayaannya
2Ta 2:1-8Persiapan pembuatan Rumah Tuhan
2Ta 3:1-17Pembangunan Rumah Tuhan
2Ta 4:1-5:1Memperlengkapi Rumah Tuhan
2Ta 5:2-14Tabut Perjanjian dibawa ke Rumah Tuhan
2Ta 6:1-42Pidato dan doa Raja Salomo
2Ta 7:1-10 Raja Salomo meresmikan Rumah Tuhan
2Ta 7:1-22Tuhan berbicara kepada Salomo
2Ta 8:1-18Jasa-jasa Salomo yang lain
2Ta 9:1-12Kunjungan Ratu negeri Syeba
2Ta 9:13-28Kekayaan Raja Salomo
2Ta 9:29-31Kematian Raja Salomo

[2] MASA PEMERINTAHAN PARA PENGGANTI SALOMO 2Ta 10:1-36:23

2Ta 10:1-19Kerajaan terpecah
2Ta 11:1-12:16Rehobeam: kebaikan yang dilakukannya
2Ta 13:1-14:1Abia: bersandar kepada Tuhan
2Ta 14:2-16:14Asa: pada mulanya sangat taat kepada Tuhan
2Ta 17:1-21:3Yosafat: bangga melayani Tuhan
2Ta 21:4-20Yehoram: tidak seorang pun meratapi kematiannya
2Ta 22:1-9Ahazia: dibujuk untuk melakukan kejahatan
2Ta 22:10-24:16Yoas: raja muda yang menjadi pembaharu
2Ta 24:17-27Yoas: tidak patuh kepada Tuhan
2Ta 25:1-28Amazia: pengikut Tuhan yang setengah-setengah
2Ta 26:1-23Uzia: kesombongan menyebabkan kejatuhannya
2Ta 27:1-9Yotam: berjalan dengan teguh mengikuti Tuhan
2Ta 28:1-27Ahas: menyebarkan kejahatan
2Ta 29:1-32:33Hizkia: berhasil dalam setiap usahanya
2Ta 33:1-20Manasye: dalam kekalutan ia mencari Tuhan
2Ta 33:21-25Amon: bertambah-tambah dosanya
2Ta 34:1-35:27Yosia: bertindak sesuai dengan undang-undang
2Ta 36:1-14Yoahas: pemerintahan yang singkat
2Ta 36:5-8Yoyakim: melakukan hal-hal yang dibenci Tuhan
2Ta 36:9,10Yoyakim: melakukan kejahatan di mata Tuhan
2Ta 36:11-14Zedekia: tidak mau berpaling kepada Tuhan
2Ta 36:15-22Jatuhnya Yerusalem
2Ta 36:23Pengharapan untuk masa depan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #31: Tutup popup dengan arahkan mouse keluar dari popup. Tutup sticky dengan menekan ikon . [SEMUA]
dibuat dalam 0.27 detik
dipersembahkan oleh YLSA